Curhatan penulis abal-abal

IMG_0968
Photo merupakan dokumentasi pribadi

Mohon maaf sebelumnya kepada para teman-teman sosial media yang lainnya yang suka membagikan atau meneruskan sebuah link yang telah dibaca.

Saya hanya ingin mengeluarkan unek-unek saja, sebagai seseorang yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis baik melalui media online ataupun media tulisan lainnya terkadang saya merasa miris namun juga senang.

Bahwasannya informasi yang disebarkan melalui linimasa perjalanannya begitu cepat bak kecepatan cahaya dan pesawat jet.

Namun terkadang ada beberapa kriteria pembaca yang hanya terpancing dengan judul yang heboh, pembaca yang hanya setengah membaca tanpa menyaring, memilah dan memilih informasi yang diterima selain itu juga diteruskan dengan kalimat responsif yang ibarat katanya mulut dan lidah juga tangan lebih cepat bekerja dari kecepatan cahaya.

Tanpa pikir panjang dan mencari kebenaran sumber berita langsung joss gandos tangan berlari kenceng buat ngebagiin informasi yang mungkin hanya setengah atau seperempatnya di baca.

Jujur saja bagi saya pribadi sebagai penulis jumlah kunjungan merupakan salah satu faktor penting terutama dalam dunia penulisan online namun lebih pentingnya lagi yaitu informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Intinya adalah please sebelum membagikan sesuatu di linimasa baiknya dicari, digali dan disaring terlebih dahulu sumber informasi yang kalian dapat. Karena saya pribadi sebagai penulis juga manusia pasti ada kesalahan dan ketidak sempurnaan dalam tulisan yang saya pribadi buat.

Be a smart reader. Salam.

Didi.180717.Umalas.Bali

Iklan

6 Comments Add yours

  1. Nur Irawan berkata:

    abenar tu mbak didi..
    apalagi di facebook, lihat judul menarik, langsung di like dan share ke beranda sendiri

    Disukai oleh 2 orang

    1. Padahal dibaca cuja belum isi kontennya yah mas ir. Sedihlah.

      Suka

  2. Desfortin berkata:

    Ya…kbnyakan emang gitu, Didi. Mkanya, saya sendiri klo nge-share di medsos, liat2 jg bnar ap nggak, pntas, etis atau tdk utk di-share. Org yg kpdnya sstu yg Anda ingin share itu, tepat gak nerimanya. Hal2 tsb mestinya mmang dipertimbngkan dlu.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya kak Des Didi juga gitu.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Diptra berkata:

    sekarang bikin tulisan online dengan domain sendiri lebih mudah yaa. Apalagi menghubungkan domain dengan blogspot gratisan dan cukup mudah untuk saat ini. Jadi untuk menyeleksi tulisan yang dibagiakan via media sosial saat ini -berdasarkan pengalaman- saya menyeleksinya dari url link yang dibagiakan. Jika menggunakan custom domain dari blogspot, maka otak kritis saya langsung memberikan warning terhadap kontennya.

    Plus sekarang ini banyak sekali judul tulisan model “clickbait”, maka untuk judul tulisan yang lebay, cenderung tak saya teruskan untuk membacanya.

    Disukai oleh 2 orang

    1. Setujulah sama mas diptra!

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s